[TERBARU] Cara Memperbaiki Charger Hp Yang Rusak Dengan Benar

Diposting pada

Tips dan trik kali ini akan mengulas tuntas tentang cara memperbaiki charger hp yang rusak yang mungkin saja kalian alami di rumah.

Pastinya sobat semua udah pada tahu kan yang namanya charger, alat yang sangat penting ini kalau nggak ada pastinya semua user hp atau smartphone tidak akan dapat menyalakan gadget tersebut.
Dan charger hp atau smartphone ada banyak sekali jenisnya, mulai dari bentuknya, port hingga hasil tegangan yang akan dihasilkan dari charger.

Pada umumnya charger hp atau smartphone memakai port micro USD atau USB Type-C yang hasil tegangannya kira-kira 1 – 3 ampere. Namun ada juga yang memiliki fitur fast charging, seperti charger yang outputnya cukup besar.

Baca juga:

Membahas tentang charger Hp tidak sedikit sobat sekalian yang mengalami masalah seperti charger hp yang rusak. Charger rusak bisa diakibatkan beberapa hal seperti tidak merawat charger hp dengan benar. Dan untuk itu mari simak ulasan berikut ini, sebelum itu ada baiknya sobat juga mengentahi apa yang jadi penyebab charger smartphone rusak. Check this out :

Penyebab Charger Hp Rusak

Berikut ini penyebab charger hp menjadi Rusak:

  1. Kabel rusak (putus, terpuntir atau terkelupas)
  2. Port kotor atau berkarat
  3. Komponen port rusak atau patah
  4. Kualitas tidak mumpuni

Cara memperbaiki Charger Hp Yang Rusak

cara memperbaiki charger hp rusak

Untuk dapat mengatasi charger hp rusak milik sobat sekalian dapat dibedakan ke dalam tiga metode, yaitu mati total, tidak bisa mengisi daya bateray, chargernya mati menyala. Ini penjelasannya :

Charger Hp Mati Total

Kalau yang terjadi pada charger hp sobat itu sama sekali tidak bisa mengisi daya ke hp atau smartphone alias mati total. Bisa jadi disebabkan beberapa hal berikut ini :

  1. Cek dengan teliti apakah slot charger putus dan cek minus bateray menggunakan multimeter.
  2. Menukar kabel adaptor atau charger dengan yang lainnya untuk melihat dibagian mana yang terjadi kerusakan.
  3. Apabila yang rusak kabelnya maka gantilah kabel tersebut dengan yang baru.
  4. Tapi kalau adaptornya yang rusak maka bukalah di tempat servis untuk mengecek komponen apa yang rusak.
  5. Kalau port yang rusak maka bersihkan port tersebut dengan penghisap debu, namun kalau rusaknya karena patah maka ganti dengan yang baru.

Tidak Bisa Mengisi Daya Bateray

Tidak jarang penyebab charger tidak memberikan daya ke hp karena kabel charger putus, dan biasanya disebabkan kabel charger menjadi kusut dan lama-lama kabelnya bisa putus.

Dan solusi yang bisa diterapkan yaitu dengan mengganti kabel yang baru atau menyambungkan kembali. Simak tutorial berikut :

  1. Carilah kabel yang putus menggunakan multimeter.
  2. Lalu sobat bisa memotong bagian kabel yang putus tadi.
  3. Lalu sambungkan kembali dan tutup menggunakan selotip plastik.

Kalau yang terjadi port charger yang rusak karena debu atau kotor sobat bisa membersihkannya terlebih dahulu menggunakan kuas atau penyedot debu.

Charger Putus Sambung Dayanya

Dan masalah lain yang terjadi mengapa charger hp rusak yakni charger putus sambung dayanya saat sudah disambungkan ke aliran listrik.

Tentunya hal ini bisa disebabkan beberapa hal seperti adanya komponen yang terhambat oleh kabel yang berkarat atau ada komponen yang kendor.

Solusinya carilah komponen yang kendor lalu kencangkan kembali.
Nah, seperti itulah tips cara mengatasi charger hp yang rusak agar dapat mengisi daya listrik kembali ke gadget atau smartphone sobat semua.

Sekedar saran saja, gunakanlah charger hp asli dari perusahaan resminya agar terhindari dari berbagai masalah karena kualitas yang diberikan baik.

Artikel lainnya :

Semoga penjelasan dari Handy Teknologi ini bisa berguna dan menjadi referensi terpercaya bagi kalian. Terimakasih 🙂