[AMPUH] Tips Tentang Cara Mengganti Konektor Charger Hp

Diposting pada

Selamat datang buat sobat Handy Teknologi yang sudah mau mampir di blog sederhana ini. Nah, sekarang kita mau berbagi tips nih ke sobat semua tentang cara mengganti konektor charger hp yang bisa sobat lakukan sendiri di rumah.

Tentunya kami percaya bahwa kalian sudah taka sing lagi mendengar kata konektor charger hp kan?

Sebenarnya ada banyak smartphone yang rusak karena hpnya tidak bisa discharge. Dan masalah tersebut terjadi karena konektor charge rusak. Kebiasaan para pengguna hp atau smartphone yang sembarangan dalam merawat charger hp yang salah, seperti charger dibiarkan mencolok ke sumber listrik saat tidak digunakan dan charger dibiarkan kusut dan tidak dibenarkan.

Baca juga :

Cara Mengganti Konektor Charger HP

cara mengganti konektor charger hp dengan yang baru

Ikut tahap demi tahpa ya, :

1. Panaskan Konektor

Langkah awal sebaiknya sobat panaskan terlebih dahulu konektor USB dengan memakai alat yaitu blower. Silahkan diatur suhu blower sampai 350 derajat celcius dan angin 1 saja. Lalu panaskan konektor hingga dapat diambil. Lalu pakailah pinset untuk mengambilnya. Kalau masih belum bisa diambil maka jangan dipaksa, karena dikhawatirkan dapat merusak papan PCB.

2. Bersihkan Papan PCB

Kalau konektor sudah bisa diangkat maka bersihkan sisa timah yang berceceran di papan PCB. Untuk membersihkannya pakailah gootwick dan solder dengan posisi solder yang di atas. Jangan sampai ada sisa timah yang masih berceceran.

3. Pasang Konektor Baru

Setelah sudah dibersihkan dari sisa timah maka pasanglah konektor yang baru ke papan PCB. Harap diperhatikan untuk memasangnya harus sesuai posisinya. Kalau posisinya nggak pas di papan PCB maka pastikan apakah masih ada sisa timah yang belum dibersihkan.

4. Pastikan Konektor Ajek (Tidak Goyang)

Setelah sudah terpasang dengan posisi yang pas maka dipastikan timah ada disetiap pinggiran konektor untuk menahannya supaya tidak bergeser dari tempatnya. Dan harap dipastikan terlebih dahulu bahwa konektor tidak goyang dari papan PCB.

Nah, seperti itulah beberapa tips untuk dapat mengganti konektor charger hp yang benar dan tepat. Semoga dengan adanya tips ini dapat membantu permasalahan sobat semua.

Sebelumnya kita juga pernah membagikan informasi tentang cara memperbaiki charger hp yang rusak dan cara melacak HP Xiaomi yang hilang yang bisa menjadi referensi berguna lainnya.